Menghidupkan Kehidupan

Ketika Anda dilahirkan, Anda menangis sementara dunia bergembira. Jalanilah hidup sebaik mungkin agar ketika Anda meninggal, dunia menangis sementara Anda bergembira.

Kalimat di atas beberapa kali saya baca di antara buku-buku yang sempat saya baca. Pada awalnya tidak terlalu saya anggap istimewa. Tapi semakin hari, semakin saya menemukan makna dari ungkapan tersebut. Lebih-lebih saat ini kita berada di tengah masyarakat yang hidup dengan melupakan kehidupan.

Kita sering melihat ada orang yang demi memenuhi keinginannya sampai-sampai menghalalkan berbagai cara. Ada orang yang bekerja keras mengumpulkan harta benda dengan alasan demi keluarga, dan ketika hartanya berlimpah ruah, anaknya jadi korban narkoba. Ada orangtua yang bertindak keras pada anak-anaknya dengan alasan kasih sayang, tapi anaknya merasa tersiksa. Ada orang yang begitu terkenal dan jadi pembicaraan orang, tapi keadaan keluarganya kacau balau. Ada orang yang dengan mudahnya mengunjungi berbagai tempat di belahan dunia, tapi kesulitan menyebrang jalan untuk bertemu dengan tetangganya. Ada orang yang dengan mudahnya bertemu dengan orang-orang penting, tapi kesulitan untuk menepati janji kepada anak-anaknya untuk pergi berenang. Ada orang yang memiliki HP, e-mail, faksimile sehingga tidak pernah kesulitan dalam berkomunikasi, tapi tidak pernah bersentuhan dengan kemanusiaannya.
Seperti itukah arti kehidupan...?

Sejenak, mari kita bertanya pada diri sendiri: siapa sajakah yang akan menangis ketika kita meningal? Berapa banyakkah orang yang pernah kita sentuh dan merasakan kemanfaatan atas keberadaan kita selama kita hidup di planet ini? Warisan apakah yang akan kita tinggalkan setelah kita menghembuskan napas terakhir? Hal-hal baik apa sajakah yang akan dibicarakan orang tentang kita manakala kita sudah tiada?

Salah satu pelajaran dalam kehidupan adalah bahwa jika Anda tidak mengambil tindakan atas hidup, maka hidup mempunyai kebiasaan untuk mengambil tindakan atas Anda. Cobalah sejenak untuk mengingat kembali, rasanya baru kemarin kita menggunakan seragam SD, SMP dan SMA... Semuanya begitu cepat berlalu, semuanya begitu cepat berakhir... Pertanyaannya: berapa banyakkah pelajaran kehidupan bisa kita ambil dari periode kehidupan tersebut?.
Cobalah tengok seorang tua yang karena keterbatasan fisiknya, waktunya lebih banyak digunakan untuk merenung. Cobalah tanyakan padanya: hal-hal apa sajakah yang dia sesali dalam kehidupannya?. Alternatif jawabannya ada dua, pertama, dia menyesali atas hal-hal yang telah dia lakukan sepanjang hidupnya, kedua, dia menyesali atas hal-hal yang tidak sempat dia lakukan sepanjang hidupnya. Pertanyaannya: kira-kira alternatif jawaban mana yang kemungkinan besar disampaikannya?.

Suatu waktu, di hari-hari terakhirnya, George Bernard Shaw ditanya di ranjang kematiannya, “Apa yang akan Anda lakukan jika Anda dapat menjalani kehidupan Anda sekali lagi?”. Ia terdiam, kemudian menjawab sambil menarik napas panjang, “Saya ingin menjadi orang yang saya inginkan namun tidak pernah saya wujudkan”.

Anda, tidak perlu menunggu usia tua untuk merenungi dan menjawab pertanyaan tersebut, Temukanlah diri Anda. Temukan panggilan hidup Anda. Ingin seperti apakah Anda menjalani kehidupan ini?. Saya percaya, kita semua memiliki talenta khusus yang menunggu untuk digunakan, menunggu untuk dimanfaatkan, demi untuk memberi makna bagi kehidupan kita masing-masing...

12 comments:

  1. Thanks mr Yusef

     
  2. Ketika Anda dilahirkan, Anda menangis sementara dunia bergembira. Jalanilah hidup sebaik mungkin agar ketika Anda meninggal, dunia menangis sementara Anda bergembira ...

    =

    Ketika anda di lahirkan, dunia bergembira karena diharapkan dengan kelahiran anda akan menjadi anak yang pintar dan berguna untuk bangsa, anda menangis ketika dilahirkan karena di balik kesuksesan yang akan diraih pastinya harus menjalani berbagai macam dosa dan perbuatan tidak baik dalam mencapai kesuksesan itu.

    oleh karena itu memanglah benar, jalanilah kehidupanmu dengan penuh rasa syukur, kerja keras dan jujur agar ketika anda meninggal, dunia/semua orang akan merindukanmu dan anda akan pergi dengan perasaan bahagia dan gembira.

    SEMOGA TUHAN SELALU MELINDUNGI KITA SEMUA..

     
  3. Tulisannya sangat bagus, makasih inspirasinya

     
  4. ass.
    yes....semua berawal dari niat !

     
  5. Setuju pak, saya juga yakin bahwa setiap kita punya satu misi yang membuat Tuhan melahirkan kita. Dan tugas kitalah untuk mencari tahu apa...

    Terimakasih pak, tulisan pak Yusef sangat inspiratif. Sama inspiratifnya dengan ungkapan lisan bapak. Presentasi pak Yusef pada penutupan Milad TDA III yang lalu jualah yang menginspirasi saya membuat tulisan ini.

    Keep inspiring pak, semoga Allah melipatgandakan balasannya.

     
  6. sipppp....tulisan bang yusef bikin semua orang merenungkan arti sebuah hidup

    salam kenal dari saya...kemarin saya ikut training yg di adakan Grapari palangkaraya di katingan'''saya berharap semoga ada kesempatan untuk bisa bertemu dengan bang yusef lagi
    by: ADINDA Ponsel
    KERENG PANGI'' KALTENG

     
  7. This comment has been removed by a blog administrator.  
  8. 穎龍棧板,棧板,木棧板,紙棧板,中古棧板,棧板回收,塑膠棧板,穎龍棧板,環保塑膠棧板,塑膠環保棧板,高雄棧板,台中棧板,新竹棧板,台北棧板,桃園棧板,苗栗棧板,雲林棧板,嘉義棧板,台南棧板,屏東棧板,台東棧板,花蓮棧板,蘇澳棧板,環保棧板,環保棧板環保棧板,免煙燻棧板,免煙燻棧板,免煙燻棧板,免煙燻棧板,免煙燻棧板,塑膠棧板,塑膠棧板,塑膠棧板,塑膠棧板,南亞塑膠棧板,南亞塑膠棧板,南亞塑膠棧板,南亞塑膠棧板,南亞塑膠棧板,南亞塑膠棧板,棧板,棧板,棧板,棧板,棧板,棧板,棧板,木棧板,紙棧板,中古棧板,棧板回收,塑膠棧板,棧板,木棧板,紙棧板,中古棧板,棧板回收,塑膠棧板,環保塑膠棧板,塑膠環保棧板,高雄棧板,環保塑膠棧板,塑膠環保棧板,高雄棧板,
    ,

     
  9. 乳酪蛋糕:推薦你全台最好吃ㄉ乳酪蛋糕!
    台中汽車旅館:如果要去台中住宿推薦鍾愛一生的汽車旅館!
    看護中心:長期看護要特別注意哪些事項呢!
    隔熱紙:汽車隔熱紙是越貴越好嗎!!!
    高雄縣旅遊:推薦你高雄縣市的旅遊景點喔^^
    棧板:環保棧板的最佳選擇!
    拳師犬:來到我的寵物網站告訴你如何飼養可愛ㄉ狗狗^^
    墾丁旅遊:夏天到了墾丁是南台灣最佳旅遊點耶!
    彌月蛋糕:給寶寶彌月最佳的蛋糕禮盒選擇!
    法拍屋:不景氣選擇房屋法拍屋正是時候ㄛ!
    納豆:你知道納豆對身體有何功效ㄇ~~~
    電波拉皮:年輕的最佳利器就是電波拉皮~一勞永逸~
    瑜珈教室:選擇瑜珈除了環境就是師資,讓我們展現最佳實力!
    服飾批發:全台最物超所值ㄉ日韓服飾網路平台~

     
  10. This comment has been removed by the author.  
  11. Assalamualaikum P Yusef,

    Tulisannya begitu inspiratif.
    Saya kebetulan merasakan hal yang sama ketika Bapak mulai gamang dalam pencarian jati diri. Usia saya 32 sekarang, tapi saya belum mulai buka usaha mohon dibagikan ke saya langkah pertama Bapak saat menapaki kehidupan "Amfibi" karena saya mau mulai mencoba kehidupan Amfibi yang pernah Bapak alami.
    Terima kasih..
    Wassalamualaikum,
    Hanafi

     
  12. Assalamualaikum Pak Yusef,

    Saya rencana ingin mulai kehidupan "Amfibi" seperti yang Bapak Maksud.. Saya usia 32 dan ingin menghidupkan kehidupan yang sebenarnya.. Mohon petuahnya step² Bapak saat mulai action untuk kehidupan Amfibinya.
    Terima kasih.
    Wassalam,
    Hanafi