Rabu, 2 Agustus 2006, pukul 19.00-21.30.
Saya berkesempatan mengikuti seminar bulanannya AMA DKI yang diisi oleh pak Khrisnamurti. Acara ini menjadi sebuah media pengobat kekangenan saya sama pak Khrisnamurti, maklum, beliau adalah salah seorang guru saya yang sangat mempengaruhi pola pikir dan pola tindak saya selama ini.
Dari beliaulah saya memahami tentang kekuatan mind set. Kemudian melalui mind set itu pula kehidupan saya berubah menjadi SANGAT! SANGAT BERBEDA!
Beliau mengajarkan bahwa segala perubahan itu akan efektif bila diawali dengan perubahan cara BERPIKIR. Dengan merubah cara berpikir, maka akan merubah cara bertindak, perbuhan cara bertindak itu tentu akan mempengaruhi juga hasil yang akan didapat.
(karenanya saya memahami benar perubahan yang terjadi pada pak Budi, pak Hadi, dan yang lain-lain, dimana mereka mendapatkan hasil yang berbeda karena mereka bertindak berbeda, dan perbedaan tindakan mereka pasti diawali dari perubahan cara berpikir mereka)
Perubahan cara berpikir ini tentu diinspirasi oleh berbagai sumber, misalnya membaca buku-buku, mengikuti pelatihan atau seminar, atau karena mengalami suatu peristiwa.
Permasalahannya: banyak orang yang berubah cara berpikirnya setelah membaca buku atau mengikuti pelatihan, tapi tidak serta merta mudah merubah hasil yang diharapkannya. Kenapa???. AHA! Karena mereka tidak BERTINDAK berbeda sesuai dengan perubahan cara berpikirnya...!
(banyak orang yang setelah membaca buku atau ikut pelatihan, semangatnya menggebu-gebu, tapi begitu kembali ke habitatnya, dia melakukan hal-hal yang sama dengan hari-hari sebelumnya...)
Kalau begitu, pertanyaannya: Perubahan cara berpikir yang bagaimana yang bisa merubah tindakan seseorang???
Ternyata, yang membuat seseorang bertindak berbeda itu adalah perubahan cara berpikir yang mempengaruhi EMOSI... (emosi disini bukan hanya berarti marah, tapi lebih pada bagaimana keadaan perasaan).
(kita jadi ingat bagaimana perubahan pola pikir pak Tung sejak merawat ayahnya di rumah sakit di Singapura, bagaimana perubahan pola pikir pak Budi ketika memperhitungkan usia anak terkecilnya bila usia dia memasuki masa pensiun secara konvensional, bagaimana perubahan pola pikir pak Pri (Act Int) sejak menyaksikan manajernya yang pensiun hanya diberikan sebuah pulpen...)
Ternyata, yang membuat seseorang bertindak bukanlah TAHU atau TIDAK, tapi lebih karena disebabkan dia BERANI atau TIDAK BERANI!, lihatlah, Berani atau tidak berani adalah soal EMOSI, bukan PENGETAHUAN.
(di sini kita jadi mengerti mengapa banyak sarjana S1 dan S2 yang sulit untuk meraih sukses karena mereka tidak bertindak efektif, sementara para pedagang kaki lima bisa sukses, padahal pendidikan mereka cuma SD atau SMP...)
Perubahan pola pikir yang menyentuh emosi inilah yang biasanya mempengaruhi keyakinan seseorang, dan bila keyakinan sudah berubah, biasanya akan mempengaruhi juga pola tindaknya, dan tentu akan mempengaruhi hasil yang didapatnya...
Kesimpulan awalnya menurut saya:
• Kalau Kita belum merasa nyaman dengan hasil yang kita dapatkan selama ini, cobalah rubah cara berpikir kita (mind set), karena kalau kita tidak merubah cara berpikir kita, kita akan selalu punya alasan untuk menemui kegagalan (iya dia sukses karena bla, bla, bla... sementara saya khan bla, bla, bla....). Ketika kita merubah cara berpikir kita, maka akan mempengaruhi keyakinan dan pola tindak kita.
• Ketika pola pikir kita merasakan ada perubahan, masukanlah emosi ke dalamnya, misalnya dengan membayangkan: bagaimana rasa sukacita dan bahagianya kalau saya mendapatkan hasil yang berbeda... Bagaimana sengsaranya dan menderitanya kalau keadaan saya tidak mengalami perubahan...
Pertanyaan berikutnya yang muncul: Adakah cara memanipulasi emosi dengan cepat???
Tentu ada, salah satunya yang saya ketahui dan sangat efektif adalah: gunakan kekuatan pikiran BAWAH SADAR (sub conscious mind)...
Udah dulu ah... Berikutnya nanti kita akan bahas lebih lanjut tentang pikiran bawah sadar.
Salam Sukses…!

Yusef J. Hilmi
0816 116 9731
SMART Training Center
Webblog: yusefjh.blogspot.com

Jika hari ini Anda melakukan
apa yang selalu Anda lakukan,
besok Anda hanya akan mendapatkan
apa yang selalu Anda dapatkan.

3 comments:

  1. Pak yusef.. tulisannya bagus apalagi tulisan dibawahnya "Jika hari ini Anda melakukan
    apa yang selalu Anda lakukan,
    besok Anda hanya akan mendapatkan
    apa yang selalu Anda dapatkan." Saya jadikan background desktop pc saya. Mohon maaf tulisannya juga saya post di blog saya sebagai spirit buat saya.

    http://fahminay.blogspot.com

     
  2. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kapada bapak DR. YUSEF.J.HILMI atas partisipasinya dalam acara "SMART LEARNING" SMA MUHAMMADIYAH 3

    Panitia

     
  3. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kapada bapak DR. YUSEF.J.HILMI atas partisipasinya dalam acara "SMART LEARNING" SMA MUHAMMADIYAH 3

    Panitia